Kaum
Setanis, yakni para pengikut ajaran setanisme, sudah ada dan melaksanakan
kegiatan keji mereka di setiap tahap sejarah dan dalam setiap peradaban, dari
Mesir kuno sampai Yunani kuno, serta sejak Abad Pertengahan sampai hari ini. Di
antara abad ke-14 dan ke-16, para tukang sihir dan orang yang menolak agama
sama-sama memuja setan. Setelah tahun 1880-an, di Prancis, Inggris, Jerman, dan
sekaligus di berbagai negara lain di Eropa dan Amerika, Setanisme diatur dalam
perkumpulan dan tersebar di kalangan orang yang mencari keyakinan dan agama
lain.
Penyembahan setan terus berlanjut
sejak abad ke-19, mula-mula sebagai Setanisme tradisional, lalu dalam aliran
sesat yang lebih kecil yang merupakan pecahannya. Upacara kejam yang dilakukan
oleh tukang sihir dan orang-orang tak bertuhan, pengorbanan anak dan orang
dewasa kepada setan, perayaan Misa Hitam dan upacara Setanisme tradisional
lainnya telah diwariskan diam-diam secara turun temurun.
Lambang Setanisme tradisional yang
terpenting adalah dewa Romawi kuno Baphomet. Pada waktu itu, Baphomet menjadi
lambang bagi orang yang memuja setan. Para ahli sejarah yang menelusuri
asal-usul sosok berkepala kambing ini telah menemukan beberapa petunjuk penting
tentang kegiatan Setanis. Lambang Setanis terpenting kedua adalah pentagram,
yaitu bintang bersegi lima di dalam lingkaran. Yang menarik, ada dua
perkumpulan rahasia lainnya di samping para Setanis yang menggunakan Baphomet
dan pentagram sebagai lambang. Yang pertama adalah perkumpulan Kesatria Biara
Yerusalem (Knight Templars),
yaitu perkumpulan yang dituduh oleh Gereja Katolik sebagai penyembah setan, dan
dibubarkan pada tahun 1311. Perkumpulan lainnya adalah perkumpulan Mason
yang telah bertahun-tahun lamanya menimbulkan rasa penasaran karena kerahasiaan
dan upacaranya yang aneh.
Banyak ahli sejarah, yang telah
menyelidiki masalah itu, percaya bahwa terdapat hubungan antara Kesatria Biara
Yerusalem dengan perkumpulan Mason. Menurut mereka, kedua kelompok itu saling
melanjutkan satu sama lain. Sesudah Kesatria Biara Yerusalem dilarang oleh
Gereja, perkumpulan itu melanjutkan keberadaannya secara rahasia dan akhirnya
berubah menjadi paham Mason. Yang pasti tentang Freemasonry
adalah, perkumpulan ini bersifat amat rahasia, punya susunan organisasi, dengan
anggota di seluruh pelosok dunia. Uraian yang diberikan para ahli seperti Leo
Taxil, yang pernah menjadi seorang Mason, namun telah keluar dari perkumpulan
itu, mengatakan bahwa para Mason amat menghormati Baphomet dan melangsungkan
upacara yang menyerupai tata-cara penyembahan setan. Kenyataan lain yang menimbulkan
kecurigaan adalah bahwa banyak pengikut Setanisme yang kemudian menjadi anggota
organisasi Masonis.
Kini, Setanisme telah meninggalkan
upacara dan markasnya yang rahasia itu, untuk keluar ke jalan-jalan. Para
Setanis bergiat di setiap negara untuk menyebarkan ajarannya dengan gigih dalam
buku-buku, terbitan berkala, dan terutama di Internet dalam usaha mereka
menarik anggota. Tak peduli di negara mana pun mereka berada, para Setanis
menampilkan citra yang sama. Cara berpakaian, tata cara penyembahan, kesamaan
surat yang mereka tinggalkan sebelum melakukan bunuh diri dan ciri lainnya
menunjukkan bahwa Setanisme bukanlah gerakan biasa yang dipenuhi para
penganggur, melainkan sebuah organisasi yang sengaja bersandar pada landasan
pemikiran.
Setanisme dan Materialisme
Suatu ciri kaum Setanis masa kini adalah, mereka semua atHeis (tidak mengakui Tuhan). Mereka juga sekaligus kaum materialis, artinya, mereka hanya percaya kepada keberadaan benda belaka. Mereka mengingkari adanya Tuhan dan semua makhluk gaib. Oleh karena itu, kaum Setanis tidak percaya kepada setan sebagai makhluk yang nyata. Meskipun disebut sebagai penyembah setan, mereka tidak mengakui adanya setan. Bagi kaum Setanis, setan hanyalah lambang yang menyatakan permusuhan mereka terhadap agama dan kekerasan hati mereka. Dalam sebuah tulisan yang berjudul “Pengantar Setanisme” yang diterbitkan Gereja Setan, dinyatakan bahwa para Setanis sebenarnya adalah ateis:
Setanisme adalah sebuah agama yang tak mengenal Tuhan dan menganut paham tidak ada yang perlu ditakuti selain akibat tindakan kita. Kaum Setanis tidak percaya adanya Allah, malaikat, surga atau neraka, iblis, setan, ruh jahat, ruh baik, peri, atau makhluk gaib yang jahat. …Setanisme bersifat ateis …Otodeis: kami menyembah diri kami sendiri. …Setanisme adalah materialis … Setanisme adalah lawan agama. (Vexen Crabtree, “A Description of Satanisme”)
Singkatnya, ini adalah hasil
filsafat kebendaan dan tak mengenal Tuhan yang telah tersebar sejak abad ke-19.
Seperti filsafat ini, Setanisme menyandarkan diri pada teori yang dianggap
ilmiah: Teori Evolusi Darwin. (harunyahya) KKSK 4 ever...
Musik dan Film Satanisme.
Satanisme muncul dalam banyak hal
salah satunya adalah film dan musik. Banyak film yang menceritakan dengan
terbuka idiom satanisme serta kisah kuasa gelap (dark forces). Film populer
seperti : Friday The 13th, The Crow, Devils Advocate, Interview With The
Vampire, bahkan serial The X-Files mengandung alur cerita dimana setan,
satanisme atau black magic menjadi bagian penting dari film. Konon tahun 1968,
Anton Szandor La Vey pernah menjadi penasehat teknis sekaligus pemeran film
Rosemarys Baby, film Omen 1976 disebut telah mempopulerkan satanisme.
Dalam musik ada banyak sekali contoh
musik yang berisi satanisme, contoh :
* Lagu dari Ozzy Osbourne “Anggur baik tapi Wiski lebih cepat, bunuh dirilah satu-satunya jalan keluar”
* Lagu dari David Bowie (majalah Rolling Stone) mengatakan Rock akan selalu menjadi musik setan
* Lagu dari Stairway to Heaven jika di putar terbalik akan memunculkan syair pemujaan setan.
* Lagu dari Metallica dalam The Prince melantunkan Bida.dari dari bawah, Aku ingin menjual jiwaku. Setan ambil jiwaku.
* Pink Floyd menulis lagu Lucifer Sam dengan lirik : Lucifer Sam selalu duduk di sisimu..selalu dekat denganmu.
* Thn 1992, Red Hot Chilli Peppers saat penerimaan anugreah MTV Awards berucap. Pertama-tama kami ingin berterima kasih pada Setan.
* Marilyin Manson, salah satu umat GS pada majalah Spin edisi Agustus 1996. Saya berharap dikenang sebagai sosok yang mengakhiri sejarah Kekristenan, Manson tak ragu merobek Injil dan meneriakkan penghinaan terhadap Yesus Kristus.
Di Indonesia : - Group Black Metal(4 tahunlalu) Sebelum naik panggung, mereka menyembelih marmut hidup dan meminum darahnya, kadang mereka membawa salib terbalik ke atas panggung.
Lihat pula Musik Underground
* Lagu dari Ozzy Osbourne “Anggur baik tapi Wiski lebih cepat, bunuh dirilah satu-satunya jalan keluar”
* Lagu dari David Bowie (majalah Rolling Stone) mengatakan Rock akan selalu menjadi musik setan
* Lagu dari Stairway to Heaven jika di putar terbalik akan memunculkan syair pemujaan setan.
* Lagu dari Metallica dalam The Prince melantunkan Bida.dari dari bawah, Aku ingin menjual jiwaku. Setan ambil jiwaku.
* Pink Floyd menulis lagu Lucifer Sam dengan lirik : Lucifer Sam selalu duduk di sisimu..selalu dekat denganmu.
* Thn 1992, Red Hot Chilli Peppers saat penerimaan anugreah MTV Awards berucap. Pertama-tama kami ingin berterima kasih pada Setan.
* Marilyin Manson, salah satu umat GS pada majalah Spin edisi Agustus 1996. Saya berharap dikenang sebagai sosok yang mengakhiri sejarah Kekristenan, Manson tak ragu merobek Injil dan meneriakkan penghinaan terhadap Yesus Kristus.
Di Indonesia : - Group Black Metal(4 tahunlalu) Sebelum naik panggung, mereka menyembelih marmut hidup dan meminum darahnya, kadang mereka membawa salib terbalik ke atas panggung.
Lihat pula Musik Underground
Satanisme atau Kebodohan?
Benarkah mereka menggotong aliran musik pemuja setan? Kehidupan sehari-hari mereka ternyata tidak seseram yang dibayangkan. Namun, ada hal-hal yang kontradiktif.
Musik underground tak pelak telah memberikan nuansa tersendiri dalam dunia musik Indonesia sepanjang tahun 1997. Kendatipun, sesuai dengan sebutannya, aliran ini bergerak 'di bawah tanah' dan cenderung beredar 'hanya untuk kalangan sendiri', pengaruhnya diperkirakan akan kian meluas, khususnya di kalangan kaum muda.
Meluasnya pengaruh ini sebagian didukung oleh kian gencarnya pentas musik underground. Salah satu pemrakarsanya, Dewo, seorang entertainer dan MC kondang, mengungkapkan, "Saya melihat, anak-anak underground ini akan dianaktirikan oleh beberapa kalangan, sehingga belum pernah digelar secara terbuka. Lalu, saya punya ide, bagaimana kalau dibuat pagelaran, melihat musik ini juga bisa berkembang seperti grup-grup mayor label."
Benarkah mereka menggotong aliran musik pemuja setan? Kehidupan sehari-hari mereka ternyata tidak seseram yang dibayangkan. Namun, ada hal-hal yang kontradiktif.
Musik underground tak pelak telah memberikan nuansa tersendiri dalam dunia musik Indonesia sepanjang tahun 1997. Kendatipun, sesuai dengan sebutannya, aliran ini bergerak 'di bawah tanah' dan cenderung beredar 'hanya untuk kalangan sendiri', pengaruhnya diperkirakan akan kian meluas, khususnya di kalangan kaum muda.
Meluasnya pengaruh ini sebagian didukung oleh kian gencarnya pentas musik underground. Salah satu pemrakarsanya, Dewo, seorang entertainer dan MC kondang, mengungkapkan, "Saya melihat, anak-anak underground ini akan dianaktirikan oleh beberapa kalangan, sehingga belum pernah digelar secara terbuka. Lalu, saya punya ide, bagaimana kalau dibuat pagelaran, melihat musik ini juga bisa berkembang seperti grup-grup mayor label."
Pentas underground telah digelar di
sejumlah kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Purwokerto, Malang, Surabaya dan
Denpasar.
Awal tahun 1998, 13 grup musik underground bergabung meluncurkan album rekaman (Kedaulatan Rakyat, 11/1). Album ini akan diedarkan kepada masyarakat luas.
Satanisme?
Sejauh ini, pemunculan aliran musik ini cukup mengundang kontroversi dan perdebatan. Tabloid Adil sempat menurunkan laporan utama mengenai aliran ini, bertitel "Bangkitnya Kelompok Pemuja Setan" (16/4/1997). Beberapa orang tua mengaku cemas mengamati anak mereka suka menyebut-nyebut Lucifer dan memasang atribut-atribut underground di kamarnya.
Awal tahun 1998, 13 grup musik underground bergabung meluncurkan album rekaman (Kedaulatan Rakyat, 11/1). Album ini akan diedarkan kepada masyarakat luas.
Satanisme?
Sejauh ini, pemunculan aliran musik ini cukup mengundang kontroversi dan perdebatan. Tabloid Adil sempat menurunkan laporan utama mengenai aliran ini, bertitel "Bangkitnya Kelompok Pemuja Setan" (16/4/1997). Beberapa orang tua mengaku cemas mengamati anak mereka suka menyebut-nyebut Lucifer dan memasang atribut-atribut underground di kamarnya.
Personil dan fans aliran musik ini
dapat dikenal melalui kostum kebesaran hitam-hitam (belakangan bermunculan pula
corak warna lain) dengan hiasan nama dan lambang-lambang grup metal. Khusus
para penggemar black metal, mereka suka mengenakan masker bermotifkan wajah
setan.
Sangkakala berkesempatan melihat
aksi mereka dari dekat ketika menyaksikan pentas "Benteng Bawah
Tanah" di Yogyakarta, Minggu (7/12). Mereka berpolah mulai dari
memutar-mutar kepala (head bang), melompat dari panggung ke tengah kerumunan
penonton, saling membenturkan badan, menjerit histeris, membakar dupa dan
menaburkan bunga hingga menggotong tengkorak binatang. Seorang penonton bahkan
sempat meloncat ke atas panggung untuk mempertunjukkan aksi menggigit ular.
Selain itu, juga disajikan
kostum-kostum khas yang antara lain menampilkan gambar Yesus disalib dengan isi
perut terburai keluar, setan kembar dipaku pada kayu salib, jubah kepala
kambing dan pentagram, hingga gambar gadis telanjang dada dengan tubuh berdarah
bekas tikaman pisau atau gigitan. Sejumlah penonton menggoreskan gambar salib
terbalik di dahinya.
Benarkah mereka pemuja setan? Sulit
memang untuk melacaknya. Penggemar aliran ini jelas-jelas menolak anggapan
tersebut.
Ketika menjumpai mereka di luar
panggung, Sangkakala melihat kehidupan mereka tidak seseram yang dibayangkan.
Solidaritas dan jaringan komunikasi di antara sesama undergrounder (sebutan
bagi penggandrung aliran ini) justru terlihat kuat. Tak jarang mereka melakukan
koordinasi antarkota, gotong-royong dan urunan untuk membayar pentas, mengingat
masih langka pihak sponsor yang bersedia menyuntikkan dana.
Aliran ini muncul lebih sebagai
protes terhadap aliran mainstream atau grup-grup mayor label. Mereka menganggap
grup-grup itu menarik keuntungan komersial dengan bermain musik secara gampangan.
Grup-grup underground di Barat
memang ada yang terang-terangan mengaku sebagai pemuja setan. "Tapi kalau
di Indonesia, terlahir karena ingin berekspresi," kata Eko dari Mortal
Scream.
Mereka juga menyadari keberadaannya
di tengah budaya Timur, "Jadi kita cenderung mengambil aksi panggungnya
saja, sekadar sensasi," tutur Eko lebih lanjut.
Penontonlah, konon, yang justru tidak tahu diri. "Penonton yang cuma ikut-ikutan, yang disebut abal-abal itu, yang sering keterlaluan. Nggak 'ngerti apa-apa sudah 'ngaku satanis," jelas Eko.
Penontonlah, konon, yang justru tidak tahu diri. "Penonton yang cuma ikut-ikutan, yang disebut abal-abal itu, yang sering keterlaluan. Nggak 'ngerti apa-apa sudah 'ngaku satanis," jelas Eko.
Dewo ikut menambahkan,
undergrounders yang dikenalnya "kebanyakan orang-orangnya humanis sekali
dan peka terhadap sekelilingnya".
Kepekaan inilah yang selanjutnya
dituangkan melalui lirik-lirik lagu mereka, yang rata-rata bercerita tentang
kebencian, pemberontakan, kematian dan bahkan kekuasaan setan di dunia.
"Musisi brutal death metal
biasanya menggotong tema-tema kematian," kata Pandu, vokalis Ruction.
"Ruction sendiri banyak
mengambil tema-tema sosial seperti kemunafikan serta kesadisan manusia.
Misalnya, tentang pembunuhan: kita menculik orang, lalu menyiksanya untuk
kepuasan diri sendiri." Pandu mengaku mengambil kisah nyata dari koran,
seperti kasus ibu yang membunuh dan memotong-motong anaknya, dan dari buku-buku
perang.
Gendon, vokalis dan penulis lirik
Mortal Scream, mengungkapkan hal senada. "Biasanya kita mengambil masalah
kemanusiaan. Maksudnya, sisi buruk manusia itu sendiri, seperti 'nggak punya
moral, pemerkosa, penghujat," ujarnya.
Kekuatan Musik
Bila dicermati, ada hal-hal yang kontradiktif dalam pernyataan para undergrounders tadi.
Pernyataan tentang aksi panggung tadi, misalnya. Mungkinkah kita hanya mengambil aksi panggung suatu grup musik dengan mengesampingkan nilai-nilai yang ditawarkannya?
Musikolog Inggris, David Tame, dalam buku The Secret Power of Music menulis, "Moralitas sang musisi sangat menentukan… musik pasti selalu memiliki efek moral. Entah secara terang-terangan atau secara tidak kentara dikomunikasikan dari alam bawah sadar, melalui penampilannya seorang musisi selalu mengekspresikan keharmonisan atau ketidakkeharmonisan psikologis yang terjadi di dalam batin mereka."
Bila dicermati, ada hal-hal yang kontradiktif dalam pernyataan para undergrounders tadi.
Pernyataan tentang aksi panggung tadi, misalnya. Mungkinkah kita hanya mengambil aksi panggung suatu grup musik dengan mengesampingkan nilai-nilai yang ditawarkannya?
Musikolog Inggris, David Tame, dalam buku The Secret Power of Music menulis, "Moralitas sang musisi sangat menentukan… musik pasti selalu memiliki efek moral. Entah secara terang-terangan atau secara tidak kentara dikomunikasikan dari alam bawah sadar, melalui penampilannya seorang musisi selalu mengekspresikan keharmonisan atau ketidakkeharmonisan psikologis yang terjadi di dalam batin mereka."
Di bagian lain David Tame menulis,
"Adapun yang paling menentukan sifat karya musik apa pun adalah keadaan
mental dan emosional komposer atau musisinya. Esensi keadaan mental dan
emosional itulah yang masuk ke dalam diri kita dengan kemampuan untuk membentuk
dan mengubah kesadaran kita menjadi serupa dengan keadaan musisi
tersebut." Melalui musik, nilai-nilai yang dianut sang musisi pun terserap
ke dalam diri penyimaknya.
Jimmi Hendrix, idola musik rock
akhir tahun 1960-an, menuturkan, "Musik pada hakikatnya bersifat rohani.
Anda dapat menghipnotis dengan musik, dan sewaktu orang mencapai titik
kesadaran terlemah, Anda dapat mengkhotbahkan apa saja yang Anda inginkan ke
dalam alam bawah sadar mereka."
Bisa "Bersih"
Gambaran mereka tentang satanisme juga telihat baru menyentuh bagian permukaan.
Satanisme memang tidak selalu "seseram" yang kita bayangkan. Dengan kata lain, ritusnya tidak selalu melibatkan korban berdarah, baik dari binatang maupun manusia. Tidak pula selalu melibatkan penganiayaan seksual. Tidak. Satanisme bisa tampil "bersih".
Gambaran mereka tentang satanisme juga telihat baru menyentuh bagian permukaan.
Satanisme memang tidak selalu "seseram" yang kita bayangkan. Dengan kata lain, ritusnya tidak selalu melibatkan korban berdarah, baik dari binatang maupun manusia. Tidak pula selalu melibatkan penganiayaan seksual. Tidak. Satanisme bisa tampil "bersih".
Anton
Szandor LaVey, pendiri gereja setan yang baru saja meninggal, mengungkapkan
hakikat satanisme sebagai kesadaran bahwa kita adalah ilah bagi diri kita
sendiri. Kita memiliki wewenang mutlak untuk menentukan dan melakukan apa yang
kita sukai. Seperti dikatakan dalam Kitab Satan 4:3, "Katakanlah pada
hatimu sendiri, 'Aku adalah penebus diriku sendiri'".
Dengan demikian, dalam satanisme
sebenarnya orang tidak menyembah Satan (Iblis), melainkan menyembah dirinya
sendiri! Meminjam kata-kata Billy Idol (musisi rock tahun 198-an), satanisme
adalah "menari dengan diri sendiri."
Dari satanisme inilah bersumber
gelombang individualisme, relativisme, humanisme, materialisme, hingga
fatalisme.
Kontras dengan perintah utama Yesus
Kristus, agar kita mengasihi Allah dan sesama, satanisme mendengungkan:
"Lakukan urusanmu sendiri"' "Kebenaran itu subjektif; tidak ada
standar moral yang mutlak", "Kalau kau suka, lakukan saja; terserah
kamu." Beribadah pun, bila itu dilakukan menurut "kebenaran
sendiri", justru merupakan saatanisme terselubung.
Yang "bersih" ini, dengan
demikian, justru jauh lebih berbahaya. Kenapa? Karena jauh lebih menyesatkan,
sengatnya jauh lebih mematikan. Firman Tuhan memperingatkan, agar kita waspada
terhadap Iblis yang "menyamar sebagai malaikat Terang" (2 Korintus
11:4).
Meretas Mediokritas
Dalam Alkitab dikatakan, "Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka" (Amsal 22:3).
Sehubungan dengan fenomena musik underground ini, yang kemudian menjadi tanda tanya adalah, kenapa genre musik yang menyajikan citra-citra menyeramkan (grim imajery) lirik-lirik yang menggotong tema-tema "gelap", dan jelas-jelas berlabel satanisme itu disukai dan diikuti anak-anak muda?
Dalam Alkitab dikatakan, "Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka" (Amsal 22:3).
Sehubungan dengan fenomena musik underground ini, yang kemudian menjadi tanda tanya adalah, kenapa genre musik yang menyajikan citra-citra menyeramkan (grim imajery) lirik-lirik yang menggotong tema-tema "gelap", dan jelas-jelas berlabel satanisme itu disukai dan diikuti anak-anak muda?
Bagaimana dengan dalih, bahwa hal
itu bisa ditangkal dengan keyakinan iman dan norma-norma ketimuran yang kita
pegang? Adi Prasetyo, misalnya, menulis di Bernas (4/5/1997), "Menengok
liriknya, mungkin lebih bijaksana jika kita bisa memandangnya hanya semata-mata
sebagai lirik pelengkap lagu, bukan suatu keyakinan atau ajakan. Dengan
menguatkan iman, mengembangkan kedewasaan dan keluasan berpikir, tentu bisa
mengimbangi pengaruh kekuatan lirik tersebut."
Kalau kita menyadari dahsyatnya
kekuatan musik, dapat diajukan pertanyaaan balik: Dalih tersebut menandakan
keteguhan iman, kedewasaan dan keluasan cara berpikir atau suatu sikap masa
bodoh? Firman Tuhan memperingatkan, "Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa
ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!" (1 Korintus
10:12). John White, seorang psikolog Kristen, menulis, "Kalau kita merasa
sanggup mengendalikan kejahatan, kita tidak akan pernah berusaha keras untuk
menjauhinya."
George Orwell suatu ketika
menggambarkan bagaimana seorang seniman menghadapi kejenuhan dalam kreativitas.
Untuk meretas kungkungan mediokritas, ia menyisipkan hal-hal yang dianggap
bobrok oleh tatanan budaya dan moral, guna meningkatkan nilai karyanya.
"Selalu sebuah ada jalan
keluar: berpalinglah kepada kejahatan. Lakukanlah hal-hal yang akan
mengguncangkan dan melukai orang banyak ... melemparkan seorang anak kecil dari
jembatan, mencambuk seorang dokter tua - atau, paling tidak, bayangkanlah
hal-hal semacam itu," tuturnya. "Di situlah engkau akan menjumpai
jati dirimu."
Tampaknya fenomena inilah yang
melatarbelakangi perkembangan dan penerimaan musik underground. Heru Emka dalam
bukunya, Thrash Metal dan Grindcore sebagai Musik Alternatif, secara tidak
langsung memaparkan adanya dua pemicu.
Secara internal, aliran ini
merupakan gerakan perlawanan terhadap kemapanan budaya rock yang tumpul. Secara
eksternal, mereka memberontaki proses dehumanisasi yang kian meruyak, antara
lain dengan makin mencoloknya alienasi.
Alienasi ini, menurut Melvin Seeman,
ditandai dengan kondisi rasa tanpa daya (powerlesness), ketiadaan makna hidup
(meaningless), kehampaan norma hidup (normless), rasa terkucil (isolation), dan
rasa keterpencilan diri (self-estrangement).
Lebih lanjut Heru Emka
mengungkapkan, "Bentuk-bentuk pengucapan seni modern seperti grindcore
[salah satu jenis musik underground - Red.] memang dimaksudkan sebagai pengejut
(shocker) bagi dinamika budaya yang mati suri."
Adapun George Orwell menyatakan,
"Seni mencapai puncak kebobrokannya ketika keberadaannya dimaksudkan untuk
mengguncangkan (to shock)."
Lebih Keras
Fenomena ini dapat dijumpai pada perkenalan anak-anak muda itu dengan musik underground.
"Saya senang thrash metal pas kelas 3 (SMU - Red.)," tutur Gendon. "Saya senang 'ndengerin musik dari grup-grup seperti Creator, Sepultura, Metallica, dan kemudian saya mencari yang lebih keras, misalnya Suffocation. Untuk bisa nangkep lirik-liriknya, kita mesti masuk ke situ. Kita baca teksnya, ternyata bisa! Lama-lama suka, terus kita hayati."
Pandu mengungkapkan pengalaman serupa. Berawal dari menyukai Sepultura, Creator dan Napalm Death, "Saya memilih jalur ini karena bersemangat, berbobot, dan penuh skill. Kalau saya simpulkan sendiri, brutal death metal itu seperti main jazz tapi 'ngebut! Fans kami suka musik yang kencang, aksi panggung dan kaos hitam. Soal lirik nggak selalu mereka dengar, soalnya kita seperti orang mengerang di panggung."
Fenomena ini dapat dijumpai pada perkenalan anak-anak muda itu dengan musik underground.
"Saya senang thrash metal pas kelas 3 (SMU - Red.)," tutur Gendon. "Saya senang 'ndengerin musik dari grup-grup seperti Creator, Sepultura, Metallica, dan kemudian saya mencari yang lebih keras, misalnya Suffocation. Untuk bisa nangkep lirik-liriknya, kita mesti masuk ke situ. Kita baca teksnya, ternyata bisa! Lama-lama suka, terus kita hayati."
Pandu mengungkapkan pengalaman serupa. Berawal dari menyukai Sepultura, Creator dan Napalm Death, "Saya memilih jalur ini karena bersemangat, berbobot, dan penuh skill. Kalau saya simpulkan sendiri, brutal death metal itu seperti main jazz tapi 'ngebut! Fans kami suka musik yang kencang, aksi panggung dan kaos hitam. Soal lirik nggak selalu mereka dengar, soalnya kita seperti orang mengerang di panggung."
Adakah kegandrungan kaum muda kita
kepada musik underground merupakan sinyal, bahwa budaya kita tengah bergulir ke
tahap yang dimaksudkan Orwell? Apa yang terjadi sekarang ini seperti sebuah
benih. Haruskah kita menunggu satu dua dasa warsa (atau bahkan lebih cepat) lagi
untuk menuai buahnya, dan kemudian baru menyadari kesalahan yang telah kita
buat hari ini?
Kita bisa terus "menari dengan
diri sendiri", terus "… mati karena pelanggaran dan dosa-dosamu…
hidup di dalamnya, karena kamu mengikuti jalan dunia ini, karena kamu menaati
penguasa kerajaan angkasa (Satan)… hidup di dalam hawa nafsu daging dan
menuruti kehendak daging dan pikiran… yang jahat" (Efesus 2:1-3). Atau,
kita bisa mengarahkan telinga kita kepada musik surga dan membiarkan Tuhan
mengajarkan kepada kita sebuah tarian baru, sebuah cara baru untuk menjalani
kehidupan ini. *** (Berdasarkan laporan wartawan Sangkakala di sejumlah kota)
0 comments:
Silakan Berkomentar Sobat,,
Luangkan Sedikit Waktu Sobat Untuk Memperindah Blog Ini Dengan Berkomentar,, (^_^)
Tolong jangan berkomentar spam ya,,!!
Post a Comment